Technologue.id, Jakarta – Di samping smartphone, industri robot juga cukup ramai dan meriah, terlebih kini sudah banyak asisten digital yang bisa disematkan pada sebuah robot sehingga kemampuannya pun menjadi lebih beragam dan lebih cerdas.

Mengutip TheVerge (20/11/17), sebuah perusahaan robotik asal Tiongkok bernama Ubtech baru saja meluncurkan robot bernama Lynx. Dan ini adalah robot berbentuk manusia pertama yang menggunakan asisten digital buatan Amazon, Alexa.

Baca juga:

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?

- Advertisement -

Dengan hadirnya Alexa, Robot yang memiliki tinggi 20 inci atau sekitar 50 cm itu bisa diajak berbicara dan melakukan berbagai hal yang diperintahkan melalui suara. Beberapa perintah yang bisa diberikan di antaranya adalah menambah reminder dan memutar musik.

Bagian dari Robot Lynx (Sumber:TheVerge.com)
Bagian dari Robot Lynx (Sumber:TheVerge.com)

Baca juga:

Siapa Ma Huateng, Orang yang Kekayaannya Sudah Lebihi CEO Alibaba?

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah adanya Surveillance Mode. Ini akan membuat Lynx untuk mengambil video dari apa yang dilihatnya selama 30 detik, lalu mengirimkannya ke smartphone pengguna melalui jaringan internet. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui keadaan rumahnya dengan mudah.

Baca juga:

DJI Tak Ikhlas Beri Hadiah Rp405 Juta?

Saat ini, robot Lynx sudah dijual ke pasar dengan harga US$800 atau sekitar Rp10,8 juta dan baru tersedia secara eksklusif di Amazon. Hingga saat ini belum jelas apakah robot tersebut bakal tersedia juga di toko retail ataupun di e-commerce lainnya.