Technologue.id, Jakarta – Galaxy S8 dan Galaxy Note8 belum lama dirilis secara resmi oleh Samsung. Namun rumor soal generasi penerusnya sudah mulai berhembus di kalangan industri smartphone.

GizChina (20/11/2017) mengabarkan kalau Galaxy S9 akan dibekali dengan sensor pendeteksi wajah yang jauh lebih canggih ketimbang Galaxy S8. Ini dikarenakan sistem sensor yang sudah menggunakan teknologi tiga dimensi (3D).

Baca juga:

Begini Cara Mudah Komplain ke Lebih dari 850 Perusahaan

Untuk mendukung hal tersebut, berdasarkan laporan yang beredar, Samsung diketahui sudah memesan komponen berupa sensor 3D dalam jumlah yang sangat banyak. Dan nantinya, itu akan disematkan pada kamera depan smartphone Galaxy S9.

Baca juga:

Sejumlah Smartphone Xiaomi Tak Dapat MIUI 10, Apa Saja?

Dengan memanfaatkan sensor 3D pada kamera depan, kemungkinan Samsung ingin mengembangkan aplikasi yang berbasis augmented reality (AR) serta menambah pengalaman pengguna saat menggunakan perangkat Virtual Reality (VR).

Baca juga:

Ini 5 Gadget Terinovatif 2017, Ada iPhone X?

Di sisi lain, ada juga sebuah laporan dari Korea Selatan menyatakan kalau Samsung masih bakal menggunakan software pengenalan wajah berbasis 2D meski nantinya akan memakai sensor kamera 3D pada smartphone. Ini dilakukan karena mereka masih ingin mengadopsi aplikasi pengenalan iris yang saat ini digunakan pada Galaxy S8 lantaran sudah terbukti aman pada mata.