Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tak Perlu ke Dokter, Apple Watch Bisa Deteksi Diabetes!
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Tahun lalu, sempat beredar kabar bahwa Apple akan memanfaatkan jam pintarnya, Apple Watch, agar lebih bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes. Sayangnya, belum jelas seperti apa fitur yang akan dihadirkan untuk bisa memantau tingkat glukosa yang ada pada tubuh si pemakai waktu itu hingga sekarang. Namun, kans untuk menghadirkan fitur tersebut di Apple Watch sejatinya amat besar. Pasalnya, Cardiogram – perusahaan yang menawarkan aplikasi untuk menganalisisis data detak jantung yang dicatat oleh Apple Watch – sudah punya data pendukung cita-cita mulia raksasa Cupertino ini.

Baca juga:

Apple Watch Reboot Otomatis di Ruang ICU, Apa Penyebabnya?

Mengutip MacRumors.com (07/02/2018), tim peneliti Cardiogram yang berkolaborasi dengan University of California menyatakan bahwa Apple Watch 85 persen akurat untuk mendeteksi apakah penggunanya menderita diabetes atau tidak. Hal ini mereka temukan setelah menganalisisis jaringan syaraf melalui aplikasi Cardiogram terhadap 14.011 partisipan pemakai Apple Watch atau Android Wear.

Baca juga:

Jam Canggih Apple Watch 3 Eror Saat Disuruh Begini

Menurut Cardiogram, deteksi diabetes dini ini sebenarnya bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan sensor pendeteksi detak jantung biasa, seperti yang ditemukan di Apple Watch atau Fitbit. Alasannya, pankreas dalam tubuh terkoneksi dengan jantung melalui sistem syaraf. Detak jantung pun bisa berubah ketika seseorang mulai merasakan gejala diabetes.

Baca juga:

Smartwatch Modular Tag Heuer Kini Lebih Murah, Tapi Speknya Lebih Tinggi

Pendeteksian diabetes dini yang bisa dilakukan Apple Watch dengan bantuan algoritme berbasis AI Cardiogram, DeepHeart, ini pun dianggap sebagai potensi besar yang akan sangat membantu tenaga medis profesional untuk memberikan penanganan lebih lanjut. Fitur ini pun tentunya bisa memudahkan pengguna untuk mengetahui potensi diabetes yang dideritanya tanpa harus terlalu rutin melakukan check-up ke dokter. Mungkin, Apple berniat mengembangkan sekaligus mengimplementasikannya dalam waktu dekat demi bisa membantu lebih banyak pengguna Apple Watch-nya?  

SHARE:

Motorola Rilis Ponsel Lipat Terbaru pada 25 Juni, Intip Spesifikasinya

Smartphone Anyar Samsung Ini Bakal Siarkan Pembukaan Olimpiade Paris 2024