Technologue.id, Jakarta – Telkomsel meluncurkan aplikasi mobile banking yang menyediakan layanan perbankan dari puluhan bank dalam satu aplikasi.

Dengan satu aplikasi mBanking ini, pengguna bisa mengakses rekening dari lembaga perbankan di Indonesia melalui smartphone.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki layanan SMS Banking. Namun bagi pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking, mereka dapat mendaftarkan nomor ponsel Telkomsel di kantor cabang Bank terdekat.

Baca juga:

Langganan Iflix Sekarang Bisa Potong Pulsa Telkomsel

- Advertisement -

Harris Wijaya, Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel, mengatakan melalui peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel ini, terus mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia dengan menghadirkan terobosan baru untuk membangun Indonesia Digital.

“Dunia perbankan arahnya ke digital. (mBanking) Ini salah satu inovasi yang didorong oleh Telkomsel agar lebih cepat dan maju lagi. Adanya mobile banking sudah sepuluh tahun, namun ubah layanan banking lebih kekinian agar mudah dan nyaman dengan tampilan lebih menarik,” ujar Harris, saat peluncuran Telkomsel mBanking, di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fitur menarik, antara lain: transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Aplikasi mBanking terminal juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan sebagainya.

Baca juga:

Solusi IoT Telkomsel Kelola Sistem Keamanan Peruri

Dikatakan Harris, perusahaan telco terbesar di dalam negeri itu mengutamakan kenyamanan dan jaminan keamanan transaksi. Selama ada pulsa dan jaringan Telkomsel, maka transaksi apa pun bisa terjadi.

“Tidak ada pulsa maka tidak bisa melakukan transaksi, karena layanan ini basisnya SMS dan USSD. Keduanya teruji unggul dari sisi sekuritas,” katanya.

Harris menjamin seluruh transaksi melalui aplikasi mobile banking berbasis SMS jauh lebih aman dibandingkan aplikasi perbankan serupa yang sudah ada. Sebab dalam transaksi menggunakan SMS banking, Telkomsel melengkapi dengan PIN dan one time password (OTP).

Baca juga:

T-Cash Uji Coba Pembiayaan Kredit Ultra Mikro

Aplikasi ini sudah bisa diunduh di perangkat Android dan menyusul di sistem iOS pada akhir Desember 2018. Dalam tahap awal ini, jumlah bank yang sudah terintegrasi dalam aplikasi mBanking lebih dari 15 bank. Akan tetapi untuk ke depannya akan ada 24 Bank di platform Android, dan 18 Bank di iOS.

Hingga 2018, setidaknya sudah ada 18 juta pelanggan Telkomsel yang terdaftar dan menikmati layanan SMS banking. Dari jumlah tersebut setidaknya ada sepuluh juta pelanggan aktif setiap bulannya. Untuk aplikasi mBanking Telkomsel dalam tahun pertama targetkan diunduh oleh sekitar 20 persen pengguna aktif mbanking yang menggunakan smartphone.