WhatsApp Siapkan Fitur Suara Jadi Teks

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – WhatsApp sedang mengembangkan kemampuan mengubah pesan suara menjadi teks. Fitur ini dan segera tersedia untuk peserta program beta.

Kabar WhatsApp yang akan meluncurkan fitur baru transkrip pesan audio ini pertama kali disebarkan oleh situs WABetaInfo.

Baca Juga:
WhatsApp Luncurkan Fitur View Once, Ini Fungsinya

Seperti namanya, fitur baru WhatsApp tersebut berguna untuk menampilkan transkrip dari sebuah pesan suara. Layaknya transkrip pada umumnya, transkrip yang ditampilkan akan berbentuk sebuah tulisan atau teks.

Hal tersebut akan sangat membantu pengguna yang kurang suka atau mengalami kendala dalam mendengarkan pesan suara, apalagi jika durasinya cukup panjang.

Lebih lanjut, sebelum pengguna melakukan transkrip pesan suara, akan muncul sebuah notifikasi. Notifikasi tersebut mengharuskan pengguna untuk menyetujui ketentuan dari fitur transkrip pesan suara.

WhatsApp tidak akan mengirim data obrolan suara ke server Facebook. Kabarnya, transformasi akan berlangsung di level smartphone itu sendiri.

Baca Juga:
WhatsApp Rilis Fitur Joinable Call, Apa Itu?

Menurut portal tersebut, setelah pesan ditranskripsi untuk pertama kalinya; teksnya adalah basis data WhatsApp lokal, jadi tidak harus dikonversi setiap saat.

Fitur baru ini akan lebih membantu Apple meningkatkan teknologi pengenalan ucapannya. Tentu saja, untuk menggunakannya, Anda harus menyediakan akses WhatsApp ke “mesin” yang mengenali suara tersebut. Hanya hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran di antara para pendukung perlindungan data pribadi.

Disebutkan, ketersediaan fungsi baru di Android akan tersedia di kemudian hari.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories