Technologue.id, Jakarta – Pokémon Go dewasa ini sudah dilihat sebagai ‘demam’ yang biasa. Walau tidak disadari secara utuh, banyak orang yang hidupnya telah berubah akibat permainan ini, seperti jadi doyan berjalan ke tempat-tempat di sekitarnya yang bahkan belum pernah mereka kunjungi sebelumnya hingga berkenalan dengan sesama fans berat Pokémon.

Agar permainan Anda semakin seru dan menyenangkan, redaksi telah menyiapkan sejumlah tips dan trik Pokémon Go yang didapat dari pelbagai sumber. Ini dia:

1. Makin ‘tua’, Poké Ball kian langka
Jikalau Anda saat ini kerap bergantung pada Poké Stop untuk mendapatkan amunisi wajib Pokémon trainer, yakni Poké Ball, maka mulai sekarang kurang-kurangilah kebiasaan itu. Sebab, semakin tinggi level Anda nanti, jatah Poké Ball dari Poké Stop bakal berkurang, karena jatah item mulai dibagi. Pasalnya, ada beberapa item anyar yang tersedia seiring dengan pertambahan level.

“Jadi, saya baru ngeh ketika makin tinggi level player, item yang unlocked akan semakin banyak. Ini berarti, jatah item akan semakin terbagi,” begitu aku admin @PokeGoIndonesia yang juga pengelola blog teknologital.blogspot.co.id pada Technologue.id. “Buktinya di level 1 ketika kita looting item di Poké Stop, pasti kita akan lebih banyak mendapat Poké Ball, karena item yang unlocked masih sedikit.”

- Advertisement -

Kendati demikian, Anda tak usah khawatir berlebihan. Saat Anda naik level, Anda akan menerima reward. Bahkan di level 12, Anda sudah boleh mengantongi 20 Great Ball gratis.

2. ‘Menciptakan’ Poké Stop baru di dekat rumah? Bisa!
Apakah Anda merasa lokasi Anda tinggal terlalu jauh dengan Poké Stop? Mungkin dengan keterbatasan ini, Anda kerap merasa bagaikan hidup terasing dari hiruk-pikuk perkotaan.

Namun jangan bersedih dulu, karena Anda me-request Poké Stop dan gym baru pada Niantic, developer Pokémon Go. Pertama, buka dulu link ini dan isi formulir online-nya plus lengkapi dengan foto.

Syarat utamanya, lokasi yang Anda daftarkan bukanlah kediaman biasa, melainkan lokasi bisnis atau tempat umum lain. Sebab, pastinya akan sangat mengganggu ketika rumah Anda disantroni puluhan hingga ratusan orang sepanjang hari yang tidak mencari atau bahkan mempedulikan Anda sebagai tuan rumahnya.

Walau Niantic tak serta merta akan menerima semua request dari Anda, setidaknya Anda sudah memberi feedback soal betapa ‘tandusnya’ lokasi Anda bermain saat ini. Siapa tahu Niantic tergerak untuk menambah banyak Poké Stop di sekitar Anda.

Oh iya, cara ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menghapus lokasi Anda yang dijadikan Poké Stop atau gym dari peta Pokémon Go.

3. Miliki Pikachu sedari awal
Jika Anda begitu cinta dengan Pikachu, ada cara mudah untuk memiliki Pokémon lucu berwarna kuning itu sedari awal.

Yup, ada sebuah trik mudah dalam Pokémon Go supaya Anda bisa memiliki Pikachu tanpa harus mencari dan menangkapnya di alam liar. Jadi, saat pertama kali memainkan Pokémon Go, Anda akan dipersilakan memilih satu dari tiga Pokémon yang akan menjadi teman pertama perjalanan Anda (starter Pokémon). Mereka adalah Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle.

Kalau Anda melewati tahap pemberian Pokémon secara cuma-cuma ini, Anda malah berkemungkinan memiliki Pikachu. Caranya, Anda perlu meninggalkan lokasi di mana Anda berada di awal. Berjalanlah menjauh sampai tiga Pokémon dari tiga elemen berbeda itu tidak terlihat. Nantinya, mereka akan muncul lagi di sekeliling Anda. Namun, tetap tinggalkan mereka sebanyak empat kali.

Nah, pada kali keempat tiga Pokémon itu muncul, Anda bakal menjumpai Pikachu di sekitar Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Tap ikon Pikachu dan lemparkan Poké Ball Anda untuk menangkapnya. Begitu Pikachu berhasil Anda dapatkan, tiga Pokémon yang sedari tadi ‘menghantui’ Anda bakal menghilang dengan sendirinya.

4. Hemat baterai Anda saat berburu Pokémon
Banyak Pokémon trainer yang mengeluhkan baterainya cepat habis saat memainkan Pokémon Go. Sebenarnya jangan heran, karena game yang jumlah download-nya sudah mengalahkan Tinder itu bergantung pada koneksi internet dan GPS smartphone.

Namun, ada satu cara sederhana yang bisa mengurangi konsumsi baterai. Cara termudahnya, aktifkan fitur Battery Saver bawaan. Sentuh simbol Poké Ball di bawah layar, pilih Settings, kemudian centang opsi Battery Saver.

Cara lain yang memungkinkan adalah dengan mematikan mode AR saat sedang akan menangkap Pokémon. Tap saja toggle AR di bagian kanan atas layar.

Strategi terakhir yakni dengan mengunduh peta kota Anda via Google Maps. Pokémon Go bergantung pada API Google Maps untuk menentukan lokasi Anda dan menunjukkan lokasi persembunyian para Pokémon. Untuk mengakalinya, unduh saja offline map dengan cara: buka menu di sebelah kiri atas Google Maps, pilih ‘Offline Areas’, kemudian sentuh tombol plus dan seleksi wilayah yang ingin Anda download. Tentunya, akan lebih bijak semisal Anda menggunakan Wi-Fi untuk mengunduh peta ini.

 

Baca juga :

SETELAH POKÉMON GO, NINTENDO SIAPKAN FILM POKÉMON

BERAPA BANYAK PEMAIN POKÉMON GO DI INDONESIA?

AWAS, POKÉMON GO MENGANDUNG MALWARE!