Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Doodle Ajak Anda Kenalan dengan Film Tiga Dara Besutan Usmar Ismail
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – "Hari ini kami merayakan ulang tahun ke-97 dari salah satu founding father perfilman Indonesia dan sutradara terkemuka di era 1950-an dan 1960-an: Usmar Ismail," begitu tulis Google dalam pengumumannya terkait Doodle-nya hari ini (20/03/2018). Kiprah Usmar Ismail ternyata lebih dari cukup untuk membuat perusahaan sekelas Google terkesan hingga dengan sengaja mengajak netizen Tanah Air untuk memperingati hari lahir produser film legendaris semacam Enam Djam di Djogdja (1951) dan Pedjuang (1960). Ya, Usmar Ismail memang lahir tepat di hari ini tahun 1921 silam.

Baca juga:

Google Munculkan George Peabody, Si Gigih nan Murah Hati

Di perayaan hampir sedekade pria yang berpulang dalam usia 49 tahun tersebut, Gogle memajang ilustrasi dari film terkenal Usmar yang lain, Tiga Dara. Film yang dirilis tahun 1957 itu secara garis besar menceritakan kisah hidup dan percintaan tiga saudari berbumbu komedi. Adapun pemeran utama dari film ber-genre komedi musikal itu, yakni Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak.

Baca juga:

Google Assistant Bisa untuk Pesan Makanan

Usmar, yang dianggap sebagai pribumi pelopor perfilman Indonesia, berkolaborasi dengan Alwi Dahlan sebagai penulis skenario film tersebut dan Sjaiful Bachri untuk musikalitasnya. Kolaborasi ketiganya mengantarkan Tiga Dara ke Festival Film Venesia 1959, mendatangkan penghargaan Tata Musik Terbaik di Festival Film Indonesia 1960, serta profit sebesar Rp3.080.000 di masa itu.

Baca juga:

Google Pi Day, Saat Konstanta Matematika “Berulang Tahun”

Saat ini, Tiga Dara telah direstorasi dan dikonversi dalam bentuk digital 4K Laboratorium L'immagine Ritrovata. Sementara nama Usmar Ismail tetap abadi dan relevan hingga namanya dijadikan tempat pertunjukan opera, musik, dan teater di Jakarta: Usmar Ismail Hall.

SHARE:

Mesin Pencari Google SGE Tampilkan Situs Malware Berbahaya

LinkedIn Uji Fitur Video Vertikal Mirip TikTok