Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Mau Ikutan Tren FaceApp? Baca Dulu Tips Keamanan Ini
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Fenomena aplikasi pengubah wajah yang dikenal sebagai 'FaceApp' cukup menyedot perhatian warga dunia. Namun dibalik ketenaran aplikasi ini, masyarakat juga mempertanyakan bagaimana keamanan data para penggunanya. Kaspersky memberikan langkah-langkah proaktif dan rekomendasi bagi para pengguna agar terhindar dari risiko keamanan yang berbahaya. Menurut perusahaan penyedia computer security software itu terkadang pengguna ponsel tidak memperhatikan 'App Permission' saat akan menginstal aplikasi, sehingga berpotensi memberikan akses yang dapat merugikan. "Penelitian kami sebelumnya menemukan bahwa mayoritas (63 persen) konsumen tidak membaca perjanjian lisensi dan 43 persen hanya mencentang semua izin privasi ketika mereka menginstal aplikasi baru. Sementara survei ini dilakukan tiga tahun lalu, kami yakin temuan tentang kebiasaan digital ini masih relevan dan tepat," kata Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Kaspersky SEA, dalam keterangan resminya. Pada dasarnya, tidak ada salahnya mengikuti fenomena online challenge atau sejenisnya atau memasang aplikasi baru. Bahayanya, terletak ketika pengguna hanya memberikan aplikasi ini izin tanpa batas ke dalam kontak, foto, pesan pribadi, dan lainnya.

Baca Juga: Lagi Ngehits, Edit Wajah Menua Pakai FaceApp

Hal itu memungkinkan pembuat aplikasi mengakses hal yang seharusnya tetap menjadi data rahasia Anda. Ketika data sensitif ini diretas atau disalahgunakan, aplikasi viral dapat mengubah sumber menjadi celah yang bisa dieksploitasi oleh peretas untuk menyebarkan virus berbahaya. "Kami menyarankan para pengguna online harus selalu berpikir secara aktif dan lebih berhati-hati dalam segala hal yang mereka lakukan di internet dan dengan perangkat mereka," tuturnya. Berikut langkah dasar yang dapat dilakukan: 1. Hanya unduh aplikasi dari sumber tepercaya. Baca ulasan dan peringkat aplikasi juga. 2. Pilih aplikasi yang ingin di instal pada perangkat Anda dengan bijak. 3. Baca perjanjian lisensi dengan cermat. 4. Perhatikan daftar izin yang diminta aplikasi Anda. 5. Hindari mengklik "next” selama instalasi aplikasi. 6. Untuk lapisan keamanan tambahan, pastikan untuk menginstal solusi keamanan di perangkat Anda.

Baca Juga: Edit Foto Pakai FaceApp, Aman?

Waspada Aplikasi FaceApp Palsu  Kaspersky juga telah mengidentifikasi aplikasi palsu yang dirancang untuk menipu pengguna agar berpikir itu adalah versi bersertifikat FaceApp tetapi terus menginfeksi perangkat korban dengan modul adware yang disebut MobiDash. Orang-orang di belakang MobiDash sering menyembunyikan modul adware mereka dengan kedok aplikasi dan layanan populer. Setelah aplikasi diunduh dari sumber tidak resmi dan diinstal, itu mensimulasikan kegagalan dan kemudian terhapus. Setelah itu, modul berbahaya dalam aplikasi memasuki perangkat pengguna secara diam-diam dan menampilkan iklan. Menurut data Kaspersky, sekitar 500 pengguna unik telah menemui masalah dalam dua hari terakhir, dengan deteksi pertama muncul pada 7 Juli 2019. Ada hampir 800 modifikasi modul berbeda yang telah diidentifikasi. “Ini berarti bahwa kegiatan FaceApp versi palsu dapat meningkat, terutama jika kita berbicara tentang ratusan target hanya dalam beberapa hari. Kami menyarankan segera pengguna untuk tidak mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi dan menginstal solusi keamanan pada perangkat mereka untuk menghindari kerusakan,” kata Igor Golovin, peneliti keamanan di Kaspersky.

SHARE:

CIA Bikin Media Sosial Palsu Sebar Propaganda China

Microsoft Sediakan Copilot Pro Secara Gratis Selama 1 Bulan