Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Facebook Sesumbar Berhasil Kalahkan ISIS dan Al-Qaeda
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Satu langkah maju dari taipan media sosial, Facebook, telah terlaksana. Juni lalu, platform dengan pengguna lebih dari 2 miliar sedunia itu menyatakan sudah siap memerangi ideologi terorisme dan provokasi kekerasan yang disebarkan penggunanya. Facebook saat itu coba menekannya memanfaatkan artificial intelligence (AI), yakni dengan menghapusnya sebelum dikonsumsi netizen lain. Enam bulan berselang, Facebook dengan bangga mengklaim bahwa tantangan memernangkan perang melawan terorisme online sejauh ini telah dimenangkannya. Pada redaksi secara tertulis, perwakilan Facebook menjelaskan bahwa AI yang mereka kembangkan sudah efektif untuk mendeteksi dan menghapus terorisme.

Baca juga:

Game-game Seru Ini Segera Hadir di Facebook Messenger, Bersiaplah!

Desember ini, AI bikinan Facebook sukses menghapus 99 persen konten terkait teror ISIS dan Al-Qaeda sebelum ada laporan dari user lain. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada konten yang dihapus sebelum konten tersebut diunggah di Facebook. "Kami melakukan hal ini melalui penggunaan sistem otomatis seperti pencocokoan foto dan video dan pembelajaran mesin berbasis teks. Begitu kami menemukan konten teror, kami menghapus 83 persen salinan postingan dalam waktu satu jam setelah konten itu diunggah," jelas perwakilan Facebook itu.

Baca juga:

Facebook Akan Jadikan Selfie Anda Sebagai Senjata Rahasia, Begini Konsepnya

Namun, ini bukan berarti tugas Facebook sudah usai. Penerapan AI untuk memberantas terorisme tidak sesederhana itu, karena machine learning perlu "dilatih" terlebih dulu. Makanya, Facebook sampai saat ini masih fokus memerangi konten yang berafiliasi dengan kelompok teroris ISIS dan Al-Qaeda karena data yang Facebook miliki terkait mereka terhitung cukup. Perusahaan berumur 13 tahun itu juga terus bekerja sama dengan organisasi yang ahli dalam terorisme global dan intelijen siber, seperti Flashpoint, Middle East Media Research Institute (MEMRI), SITE Intelligence Group, dan University of Alabama untuk menandai Pages, Profil, dan Groups di Facebook yang berpotensi dikaitkan dengan kelompok teroris.

Baca juga:

Facebook Tiba-tiba Hapus Fitur “Stories” di Messenger, Ini Gantinya

"Kami berharap dari waktu ke waktu kami dapat secara bertanggung jawab dan efektif memperluas penggunaan sistem otomatis ini untuk mendeteksi konten dari organisasi teroris regional juga," tambah mereka.  

SHARE:

Google Doodle Hari Bumi 2024 Pajang Progres Penanganan Perubahan Iklim

APJII Restui Starlink Milik Elon Musk Beroperasi di Indonesia